Sabtu, 17 Agustus 2013

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka

Presiden SBY menyerahkan duplikat Bendera Pusaka pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara, Sabtu (17/8) pagi. (foto: cahyo/presidenri.go.id)



Jakarta, The Royal Indonesia TV -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara dilaksanakan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8) pagi. 

Sejak pukul 08.00 WIB, para tamu dan undangan sudah mulai berdatangan dan memenuhi tempat duduk yang telah ditentukan. Upacara sendiri dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Presiden SBY, didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono serta Wapres Boediono dan Ibu Herawati tiba di tempat sebelum upacara dimulai.

Upacara Peringatan HUT ke-68 RI ini dimulai dengan dibunyikannya sirine yang dilanjutkan dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel PNB Ronald Lucas Siregar.

Naskah proklamasi dibacakan Ketua DPD Irman Gusman. Kemudian Presiden memimpin peserta upacara dan undangan untuk mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan Menteri Agama Suryadharma Ali yang membacakan doa.

Selanjutnya adalah puncak acara sakral yang selalu ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh 66 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 33 provinsi Indonesia dilaksanakan dengan penuh khidmat dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Adelena Tesalonika R dari SMA 4 Kendari, Sulawesi Tenggara mendapat kehormatan sebagai pembawa baki duplikat Bendera Pusaka. Moh Rayhan Akbar dari SMAN 8 Bekasi menjadi pengerek bendera dan Gilbert Karamoy dari SMAN 1 Airmadidi, Sulawesi Utara menjadi pembentang bendera.

Bendera Merah Putih akhirnya berkibar di langit Jakarta, rasa patriotisme bangsa pun terbangkitkan. Pesawat tempur F-16 dan Sukhoi TNI-AU menunjukan aksinya dengan melakukan terbang lintas atau fly pass di atas Istana sebagai penghormatan.

Peringatan HUT ke-68 RI kali ini dimeriahkan penampilan orkestra Gita Bahana Nusantara dan paduan suara siswa-siswi pelajar se-Jabodetabek. Tampil pula solois cilik Putu Nadya dari Bali melantunkan lagu Bangga Jadi Anak Indonesia ciptaan Presiden SBY.

Hadir dalam upacara ini, antara lain Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla, putra proklamator Guruh Soekarno Putra, para pimpinan lembaga negara, menteri KIB II, duta besar negara-negara sahabat, para veteran, dan keluarga perintis kemerdekaan.


Posted By : Lensa Jakarta 
News Source : Situs Web Resmi Presiden Republik Indonesia - Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono